Kamis, 18 April 2013

#3 olahan Tempe dan Terong

Assalamu'allaikum.....
hai...hai...hai...kembali lagi bersama kumpulan resep sederhana saya....
kali ini resep sederhana saya yang ke-3....sangat..sangatlah sederhana. saya akan membagikan 2 resep olahan tempe dan terong. sebenarnya resep ini ditujukan bagi anda yang lagi malas masak heheheheh atau bagi anda yang ingin olahan baru untuk bahan yang simpel dan praktis....
baiklah..langsung saja ya ini dia....

resep saya yang pertama saya beri nama "TEMPE TERONG SEMI BALADO". kenapa saya beri nama semi balado karena hampir mirip dengan bumbu balado hehehhe....

Bahan:

  • 2 bh terong
  • 1 bh tempe
  • 1 siung bawang putih
  • 1 bh cabai merah
  • cabai rawit (sesuai selera)
  • 1 bh tomat (sedang)
  • 1 buah bawang merah (besar)
  • garam (secukupnya)
  • gula (secukupnya)
  • terasi (secukupnya)
  • air (secukupnya)
  • minyak (secukupnya)


Cara pembuatan:

  1. kupas terlebih dahulu terong dan bumbu,cuci bersih.*setelah terong dikupas iris terong secara melintang dan bagi 4 bagian.
  2. iris tempe sesuai selera,celupkan tempe pada bumbu yaitu bawang putih dan garam di haluskan kemudian tambahkan air secukupnya. (seperti membuat tempe goreng),panaskan minyak, goreng tempe hingga berwarna keemasan,tiriskan.
  3. *goreng terong yang sudah diiris, tiriskan. 
  4. sebelum bumbu (cabai merah,cabai rawit,gula,garam,terasi dan bawang merah) di haluskan tumis terlebih dahulu*. setelah ditumis bumbu dihaluskan (seperti membuat sambal).
  5. setelah bumbu halus. panaskan sedikit minyak tumis bumbu hingga harum masukkan tempe goreng dan terong goreng.aduk dan masak sebentar.u saya c
  6. tempe terong semi balado siap dihidangkan. ^_^


::tips dari Rembulan
*setelah terong dikupas dari kulitnya segera rendam terong dalam air agar tidak terjadi proses browning (pencoklatan).

Resep saya yang kedua yaitu "TEMPE TERONG BUMBU KACANG". resep ini baru saya coba pagi ini (jujur loh...!)

bahan:

  • 1 bh tempe
  • 2 bh terong
  • bumbu pecel
  • 1 siung bawang putih
  • garam (secukupnya)
  • air (secukupnya)


Cara pembuatan

  1. kupas terong dan iris tempe seperti resep pertama.
  2. celupkan tempe pada bumbu seperti resep pertama.
  3. goreng tempe dan terong ,tiriskan.
  4. masak air hingga matang, siapkan bumbu pecel. masukkan air panas kedalam bumbu pecel sedikit demi sedikit hingga larut.
  5. pecek tempe dan terong. masukkan dalam larutan bumbu dan aduk.
  6. siap dihidangkan.


sangat mudah sekali bukan? tidak perlu merogoh kocek yang banyak,sangat simpel dan praktis. hasilnya pun tidak mengecewakan....

ehm.... UUEENNAAAK TENAN...!!!!

SELAMAT MENCOBA ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar